Selasa, 11 Oktober 2016

Masakan Indonesia Banjir Pujian di Pameran Pangan Belanda

Masakan Indonesia Banjir Pujian di Pameran Pangan Belanda

Masakan Indonesia Banjir Pujian di Pameran Pangan BelandaAntusiasme warga Belanda saat menyaksikan dan merasakan cita rasa asli Indonesia (Dok. Pavilion Indonesia)
JakartaCNN Indonesia -- Kuliner Indonesia seolah menegaskan kembali posisinya di mata dunia. Di tahun ini, Indonesia mendapat kesempatan untuk bisa memamerkan kelezatan dan produk-produk kulinernya di Amsterdam Rai, Belanda.

Semakin dipandangnya Indonesia dalam posisi penting pangan dunia ini dihadirkan dengan hadirnya Pavilion Indonesia di Horecava 2016, expo pangan nasional terbesar di Belanda, 11-14 Januari 2016. Pavilion ini berdiri di area seluas 80 meter persegi dan diprakarsai oleh Kementerian Pedagangan Indonesia dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag, Belanda.


"Ini adalah pertama kalinya Pavilion Indonesia hadir di acara ini," kata Rinaldi Agung Adnyana, Atase Perdagangan Republik Indonesia di Belanda dalam pernyataan yang diterima CNNIndonesia.com, Jum'at (15/1).

"Hal ini bertujuan untuk mendorong produk-produk Indonesia yang berkualitas agar masuk ke pasar Eropa, bukan cuma di Belanda saja."

Dalam ajang ini, produsen dan importir produk kuliner Indonesia memamerkan produk-produknya lebih luas kepada masyarakat Eropa. Secara lebih luas, pameran dagang ini bukan cuma bertujuan untuk menjual produk saja, melainkan untuk mempererat kerjasama. Yang lebih penting, agar produsen dan importir bisa meningkatkan produknya agar pemasaran produk Indonesia bisa lebih dikenal luas dan menjangkau konsumen yang lebih luas. Di Eropa, produk-produk Indonesia selama ini hanya bisa ditemukan di toko Asia saja, dan varian yang terbatas.

Pukau tamu dengan kuliner Indonesia

Selain menghadirkan berbagai produk pangan Indonesia, Pavilion Indonsia juga menghadirkan kekayaan cita rasa khas Indonesia. Makanan lokal ini diolah oleh chef-chef Indonesia yang menetap di Belanda, yaitu Chef Didi Han, Chef Yudi Yahya, Jimmy Lo Hamzah, Fitri Chandra, Tn Tan, dan Cisca Suxma.

Mereka semua mendemokan sajian ala Indonesia selama empat hari pelaksanaan Horecava 2016. Mereka akan mengolah rendang, bakmi, bihun goreng, daging panggang, ayam goreng, dan soto ayam.

Selain makanan, Indonesia yang terkenal dengan kenikmatan kopi lokalnya. Dalam ajang ini, Pavilion Indonesia juga memberikan kelas Coffee Cupping pada pengunjung.

Dok. Pavilion Indonesia
Aneka makanan ini ternyata mengundang banyak apresiasi dari pengunjung. Selain itu, chef Belanda dan celebrity chef Belanda, Denny Jansen dan Klass van Winsen memuji kelezatannya. Makanan Indonesia mendapat banyak pujian karena antusiasme pengunjung yang terus memenuhi pavilion.

"(Makanan) Indonesia punya potensi besar untuk menembus pasa Eropa karena produknya yang sangat khas. Indonesia juga termasuk negara kaya yang besar dengan tanah subur," kata Luuk Scholten, General Manager Horecava.

"Semoga Indonesia bisa kembali tahun depan dan konsisten mendatangkan produk terbaiknya."

0 komentar:

Posting Komentar